Perempuan Berenang dengan Laki-Laki Bisa Hamil? Ini Faktanya

PrimaBerita – Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bidang Kesehatan, Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif (NAPZA), Sitti Hikmawatty, mengingatkan kaum perempuan untuk berhati-hati saat berenang di kolam renang karena bisa menyebabkan hamil.

Hikma menjelaskan perempuan yang sedang berenang di kolam renang bisa hamil, tidak menutup kemungkinan jika berenangnya dengan kaum laki-laki.

Dia menyebut, kehamilan yang berindikasi dari kolam renang ini sebagai contoh hamil tak langsung (bersentuhan secara fisik).

“Pertemuan yang tidak langsung misalnya, ada sebuah mediasi di kolam renang. Ada jenis sperma tertentu yang sangat kuat,” ujar Hikma, Jumat (21/2/2020) siang.

“Walaupun tidak terjadi penetrasi, tapi ada pria terangsang dan mengeluarkan sperma, dapat berindikasi hamil,” beber dia.

Terlebih, jika perempuan tersebut berada pada fase kesuburan. “Kalau perempuannya sedang fase subur, itu bisa saja terjadi. Kan tidak ada yang tahu bagaimana pria-pria di kolam renang kalau lihat perempuan,” ujarnya.

Hikma menjelaskan pernyataannya tersebut didapat dari jurnal seorang ilmuan dari luar negeri.

“Saya dapat referensi dari jurnal luar negeri. Nanti saya kirim jurnalnya,” ucap Hikma saat dihubungi.

Ia tak memastikan secara pasti ihwal perempuan dapat hamil ketika berada di kolam renang.

“Dan itu tidak bisa ditarik kesimpulan langsung seperti itu, ada predisposisi lainnya dulu,” jelas Hikma.

Dilansir dari American Pregnancy, hal itu bisa dinyatakan tidak benar alias hoax. Menurut laman tersebut, tidak mungkin sperma berukuran mikro dapat melakukan perjalanan melalui area air yang luas yang mengisi kolam, bak mandi atau bak mandi air panas, untuk mencapai vagina dan menghasilkan kehamilan.

Jika ejakulasi terjadi dalam air hangat biasa, sperma bisa bertahan selama beberapa menit. Namun, jika ejakulasi terjadi dalam air yang sangat panas, atau air yang diisi dengan bahan kimia khusus kolam renang, gelembung atau zat lain, sperma tidak akan mampu bertahan lebih dari beberapa detik.

 

Add a Comment