Dampak Sering Begadang, Bisa Bikin Gendut?

Dampak Sering Begadang

PrimaBerita – Apa dampak jika sering begadang? Kurang tidur karena keseringan begadang bisa berdampak buruk bagi tubuh. Secara mental dan fisik, kurang tidur akan membuat aktivitas anda terganggu.

Bagi anak-anak, tidur yang bagus untuk kesehatan adalah sekitar 10 sampai 13 jam per harinya. Sedangkan bagi orang dewasa, waktu tidur yang baik adalah selama 7 hingga 9 jam setiap hari.

Begadang memang enak untuk dilakukan. Apalagi bagi sebagian orang, waktu tidur sering digunakan untuk melanjutkan pekerjaan-pekerjaan yang belum usai ketika di kantor. Tak terkecuali juga bagi mahasiswa, seringkali mereka kurang tidur hanya karena memburu tugas hingga larut malam. Dan masih ada yang lebih buruknya lagi, anak-anak dan remaja memanfaatkan waktu begadang hanya untuk bermain gadget. Wah, itu sama sekali tidak berfaedah.

Baca juga : Ini Penyebab Utama Anda Sering Merasa Kelelahan

Dampak Sering Begadang Yang Bisa Ditimbulkan

Selain efek begadang yang dapat membuat anda kelelahan serta mengantuk secara berlebihan saat siang hari, ada sederet bahaya/ancaman bila anda memiliki kebiasaan begadang.

  1. Kulit kelihatan lebih tua

Kurang tidur membuat hormon kortisol dilepas dalam jumlah banyak. Hormon ini bersifat memecah kolagen pada kulit, padahal kolagen fungsinya untuk mengencangkan kulit.

Begadang juga dapat menyebabkan mata bengkak, kemunculan lingkaran hitam pada area mata (mata panda), serta kulit kusam. Akibatnya timbul garis-garis penuaan halus di wajah.

  1. Pelupa dan menurunkan kemampuan daya berpikir

Efek begadang dapat mengurangi daya nalar dan tidak bisa berkonsentrasi. Selain itu bisa menjadi pelupa. Ketika tidur otak mengalami proses regenerasi sel yang bagus untuk ingatan.

Nah, jika anda suka begadang maka anda tidak membiarkan otak anda menjalankan fungsinya untuk mengingat sesuatu bersifat jangka panjang.

Sebaiknya para orangtua mengontrol jam tidur anak supaya di sekolah tidak mengganggu proses pelajaran.

  1. Depresi

Insomnia atau tidak bisa tidur dapat mengakibatkan depresi. Kenapa demikian? Karna berarti anda memangkas jam tidur anda yang seharusnya. Variasi yang ditimbulkan bisa beragam, seperti mudah gugup serta tidak percaya diri. Kebiasaan begadang juga dapat membuat anda cemas. Hal tersebut bisa memicu anda untuk depresi.

Baca juga : Makanan Sehat Penambah Berat Badan, Konsumsi Sekarang

  1. Tekanan darah tinggi

Studi mengatakan bahwa orang yang gemar begadang memiliki resiko tekanan darah tinggi yang lebih besar dibandingkan orang yang tidurnya cukup.

  1. Mengunyah terus dan sering kelaparan

Dampak sering begadang yang terakhir adalah merasa kelaparan. Jika mengemil terus pada jam-jam yang seharusnya tidur malam, maka bisa membuat berat badan anda naik secara signifikan.

Kondisi ini terjadi karena kecenderungan mulut kita untuk secara terus menerus mengunyah berbagai makanan, terutama camilan. Anda tidak akan bisa menolak pembakaran lemak pada tubuh. Jika terlampau sering bisa-bisa anda obesitas.

 

Add a Comment