Fakta atau Hoax, Pemeran Harry Potter Terinfeksi Virus Corona

Fakta atau Hoax, Pemeran Harry Potter Terinfeksi Virus Corona

PrimaBerita– Kabar dari Daniel Radcliffe, pemeran Harry Potter terinfeksi virus corona (COVID-19) telah beredar luas. Pemeran Harry Potter itu disebut terinfeksi virus corona setelah dilakukan pemeriksaan.

Isu tersebut beredar setelah sebuah akun twitter dengan nama @BBCNewsTonight menuliskan kabar tentang Daniel Radcliffe positif terinfeksi virus corona. Ia menggunakan foto logo BBC dan ketika link tersebut diketik, situs tersebut sudah tidak aktif sejak tahun 2017.

Dalam statusnya disebutkan bahwa Daniel Redcliffe jadi orang terkenal yang pertama terpapar virus corona atau COVID-19.

Namun, pernyataan itu dibantah oleh perwakilan sang aktor. “Tidak  benar,” kata publicist Daniel Radcliffe yang dikutip pada Selasa, 10 Maret 2020 di Buzz Feed News.

Kabar palsu tersebut sudah beredar di mana-mana, sehingga berhasil menipu sejumlah reporter media barat, seperti New York Time. Kemudian, mereka meminta maaf karena telah terpedaya untuk ikut sebarkan berita hoax itu.

Di akun lain, hoax tentang kabar Daniel Radcliffe sudah mendapat likes dan retweet ribuan kali dan dikomentari oleh ratusan warganet.

Ternyata akun BBC tersebut adalah akun palsu yang atasnamakan media Inggris. Akun tersebut memiliki jumlah ratusan followers. Akun yang melakukan penyebar hoax Daniel Radcliffe positif corona tersebut, kini telah dibekukan oleh Twitter.

Laporan dari BuzzFeed News yang menuliskan tentang dalam penulusuran penyebar hoax ini, ada salah seorang menyebutkan alasan kenapa mereka membuat berita bohong ini. Salah satunya karena mereka merasa senang bisa membohongi orang-orang di internet.

“Mereka bilang lucu rasanya ketika menipu pikiran orang-orang, ternyata internet sudah merendahkan IQ orang-orang,” tulis BuzzFeed News.

Kemudian, ketika ditanya kenapa harus Daniel Radcliffe. Mereka menjawab, kalau menargetkan artis yang sudah tak banyak dibicarakan publik, akan bikin heboh jika ada berita yang mengejutkan. Tidak hanya pemeran Harry Potter itu, mereka sudah menyiapkan hoax untuk artis-artis lainnya, seperti David Hasselhoff, Pamela Anderson, dan Megan Fox.

Add a Comment