Lima Hal Yang Harus Diterapkan Agar Tenang Di Masa Tua

lima hal yang harus diterapkan untuk masa tua

PrimaBerita – Menjelang masa tua, ada lima hal yang harus diterapkan supaya anda menjalaninya dengan tenang dan tak terlalu merepotkan orang-orang di sekitar.

Tentunya, hal ini telah menjadi dambaan setiap manusia. Pada masa tua, orang-orang hanya akan berpikir bagaimana caranya menikmati hidup. Tak perlu banting tulang dari pagi ke malam.

Apa saja hal-hal tersebut?

Menikmati hidup di masa tua tentunya tak terlepas dari hal-hal yang anda lakukan di masa lalu, yaitu pada saat anda masih muda dan kuat. Saat usia anda masih produktif, sebaiknya jangan berleha-leha dan selalulah mencari pelajaran dan pengalaman.

Tetapi perhatikan juga kondisi kesehatan anda. Jangan sampai karena mengejar kenikmatan duniawi, anda tak perlu mengonsumsi makanan-makanan sehat dan menjaga pola hidup yang teratur. Anda harus tetap beristirahat yang cukup pula. (baca : Menjaga Pola Makan Yang Benar, Anda Harus Tahu)

Lima Hal Yang Harus Diterapkan

1. Memiliki Asuransi Kesehatan

Untuk kesehatan jangan pernah menganggapnya main-main sebab penyakit bisa datang kapan saja. Pada saat lanjut usia, kondisi dan ketahanan tubuh pastinya sudah menurun. Tak sekuat ketika masih muda. Bahkan beberapa penyakit serius akan rentan bagi para lansia.

Asuransi kesehatan sebagai jaga-jaga, misalnya 10 tahun ke depan. Anda tak pernah tahu akan apa yang terjadi. Untuk itu pilihlah asuransi kesehatan anda menjelang masa tua dan pastikan kredibilitasnya juga baik (baca : Tips Mendapatkan Asuransi Kesehatan Yang Tepat Bagi Orangtua). Sewaktu-waktu ketika anda memiliki penyakit darurat, anda cepat tertolong.

Meskipun demikian, anda juga harus disiplin dalam menjaga tubuh anda. Siapa sih yang menginginkan sakit?

2. Berinvestasi

Sebelum pensiun, pikirkanlah untuk mempersiapakan segala kebutuhan pada saat tua. Caranya dengan berinvestasi. Anda bisa melakukan investasi di bidang properti, bidang kuliner, atau juga membeli emas dan bermain saham. Intinya merintis usaha sendiri. Istilahnya ‘sudah ada tabungan’.

Usaha sendiri bisa anda mulai dari modal yang kecil dulu sesuai budget anda, lama kelamaan usaha anda pasti berkembang jika dilakukan dengan penuh semangat. Jangan pernah memikirkan resiko, jika bangkrut cobalah bangun kembali. Kesuksesan di masa muda akan membawa anda pada ketenangan di masa tua yang menikmati hidup.

3. Jangan menunda, Lunasi Hutang

Pastikan dalam masa tua anda tak memikirkan hutang lagi. Itu akan menyiksa anda. Jika anda punya uang, cobalah untuk menyicilnya hingga selesai. Hidup berhemat dan jangan mudah tergiur untuk membeli barang-barang yang bukan kebutuhan selama anda memiliki hutang.

4. Selalu Memperhatikan Kondisi Fisik

Ubah gaya hidup anda jika selama ini suka mengonsumsi makanan-makanan cepat saji (baca : Bahaya Mengonsumsi Junk Food Setiap hari).

Kondisi fisik anda saat ini sangatlah mempengaruhi masa tua anda nantinya. Terapkan pola hidup sehat dan seimbang, misalnya rajin berolahraga. Anda bisa lakukan ini setiap hari sabtu dan minggu atau pada saat libur bekerja. Gunanya untuk menunjang kesehatan tulang, sendi, dan otot. Tentunya anda tak akan suka pada hari tua, anda hanya bisa terbaring lemah.

5. Tempat Tinggal Yang Layak

Tempat tinggal adalah sebuah kebutuhan yang harus dimiliki manusia. Di sini, anda bisa beristirahat dengan nyaman, terlindung dari panas matahari dan hujan. Adapun mempersiapkan tempat tinggal yang layak berupa rumah milik sendiri/pribadi. Karena setiap tahun, harga rumah akan semakin mahal.

Untuk itulah anda diwajibkan untuk memikirkan hal yang satu ini. Entah itu rumah besar maupun kecil, itu tergantung kesepakatan diri anda sejak masa muda. Dengan demikian, menjelang masa tua anda akan aman.

Lima hal tersebut di atas patut anda terapkan agar dambaan masa tua anda terealisasi.

Add a Comment