Makanan Khas Yang Wajib Ada Saat Perayaan Nyepi

makanan khas nyepi

PrimaBerita – Selain perayaan/tradisi umat hindu saat tahun baru saka, tentu makanan khas nyepi menjadi sorotan utama juga. Ya jenis makanan-makanan pada saat hari raya nyepi berbeda dengan makanan hari raya umat lainnya.

Berikut jenis makanan khas yang wajib disajikan pada tahun baru saka (perayaaan nyepi)

Entil

Entil adalah salah satu jenis makanan khas yang hanya disajikan pada saat hari raya nyepi. Ciri makanan entil hampir serupa dengan suguhan lebaran karena berdasar ketupat. Bedanya ketupat (lontong) ini dibalut dengan daun talengdi atau nyelep.

Rasanya tak usah diragukan, sudah pasti nikmat karena aroma daunnya mampu mengoyah hidung anda. Entil disiram dengan kuah bersantan ditambah dengan irisan kacang panjang serta taburan sambal kelapa.

RESEP Ayam Saus Mentega Enak

Jaja Apem

Jaja apem merupakan makanan khas nusantara yang berasal dari Bali. Sebagai salah satu makanan khas Buleleng, Bali, kue ini dicetak menggunakan daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus. Perlu diketahui bahwa jaja apem adalah kue yang rendah gula. Hanya saja ditambahkan cairan gula merah serta taburan kelapa parut yang melengkapi kelezatannya.

Nasi Tepeng

Nasi tepeng dianggap sebagai makanan berat pada saat hari raya nyepi. Olahannya yaitu nasi ditambah sayur-sayuran yang dialas pincuk daun pisang. Isinya berupa kacang panjang, terong, nangka muda, dan kacang merah, serta kelapa yang diparut. Rasanya lezat karena dibaur dengan beberapa rempah pilihan.

Pulung Nyepi

Pulung nyepi terbuat dari kanji dan tepung beras. Prosesnya dengan cara dikukus lalu diuleni, hingga kemudian direbus sampai matang. Hidangan ini masih sama dengan hidangan yang di atasnya, yaitu masih terdapat campuran parutan kelapa. Mirip juga seperti kolak tapi tak ada tambahan santan dan gula merah dalam penyajiannya.

Ketongkol

Jenis makanan khas nyepi lainnya yakni ketongkol. Ketongkol dibungkus dengan daun pisang yang biasanya disantap dengan lauk. Ketongkol akan terasa semakin nikmat bila ditambah sambal matah ke dalam hidangannya. Rasa yang dihasilkan sedap dan gurih.

KLIK!!! Mari Memasak Cumi Pedas Manis Untuk Makan Malam Keluarga

Ayam Betutu

Yang terakhir adalah ayam betutu yang diolah dengan cara dipanggang menggunakan api sekam. Biasanya hidangan ini disajikan sebagai bentuk sesembahan pada saat melaksanakan ritual keagamaan.

Add a Comment