Makanan Untuk Mencegah Kanker, Super Sekali!

makanan untuk mencegah kanker

PrimaBerita – Makanan untuk mencegah kanker perlu anda ketahui, karena di jaman sekarang ini, kanker masih selalu menjadi sebuah momok bagi semua orang. Tak ada satupun di dunia ini yang menginginkan tubuhnya terkena penyakit kanker. Kanker bisa disembuhkan tetapi ada juga kanker yang memang benar-benar bisa mematikan.

Begitupun, anda tak usah terlalu panik bila telah melakukan pola hidup sehat secara benar. Memilih makanan-makanan yang sehat juga turut membantu anda untuk mencegah penyakit kanker.

coba lihat : Benarkah Hewan Piaraan Dapat Tertular dan Menularkan Virus Corona?

Berikut ada 10 jenis makanan super untuk mencegah kanker:

1. Kacang Tanah

Kacang tanah adalah tanaman berjenis polong-polongan dari suku fabaceae. Diketahui mengonsumsi kacang tanah dapat mencegah resiko penyakit kanker usus besar, karena kacang tanah mengandung asam pekomarik. Jadi, setidaknya anda harus mengonsumsi kacang tanah 2 kali dalam seminggu untuk mencegah resiko kanker usus besar.

2. Ubi jalar

Manfaat besar tak terduga ada pada sebuah ubi jalar. Umbian ini biasanya ditemui dalam 2 varian warna yaitu ubi jalar kuning dan ubi jalar ungu. Baik keduanya mampu mencegah dan melawan sel kanker payudara.

3. Berry

Untuk lebih mendapatkan manfaatnya secara langsung, anda disarankan untuk mengonsumsi beberapa dari jenis beri-berian setiap hari. Misalnya strawberry, blueberry, raspberry, dan blackberry. Bila perlu anda bisa menanamnya di pekarang rumah anda sendiri untuk dikonsumsi keluarga secara khusus. Ada kandungan antosionin pigmen yang memiliki sifat antioksidan, sehingga buah beri-berian bisa mencegah kanker mulut, kanker tenggorokan, dan juga kanker usus besar.

4. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah khas nusantara yang bisa digunakan sebagai dasar membuat suatu sajian makanan. Di dalam kunyit terkandung kurkumin yang sangat besar sehingga disebut sebagai anti kanker yang luar biasa. Pada riset yang sudah dilakukan, kunyit bisa mencegah dan mengatasi kanker payudara, prostat, kanker hati, kanker pankreas, dan kanker lainnya.

5. Ikan salmon

Omega-3 yang tinggi pada ikan salmon dapat menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar, kanker hati, dan juga kanker kulit. Selain adanya kandungan omega-3, mineral dan selenium pada salmon efektik untuk memerangi tumor.

coba lihat : Jenis Penyakit Akibat Infeksi Bakteri Yang Wajib Anda Tahu

6. Teh hijau

Mungkin bagi sebagian orang sudah mengonsumsi teh setiap hari, khususnya pagi. Beberapa studi di laboratorium menyatakan bahwa teh hijau mampu memerangi beberapa kanker tertentu seperti kanker paru-paru, kanker kulit, kanker kerongkongan, kandung kemih, hingga kanker payudara. Sebagai informasi tambahan, meminum teh hijau segar lebih baik daripada suplemen teh hijau.

7. Tomat

Tomat sudah menjadi bahan dasar dalam bahan-bahan masakan sehari-hari. Tomat sendiri mengandung likopen yang mencegah munculnya kanker prostat. Satu porsi tomat mentah setara dengan 150 gr vitamin A, C, K, folat, serta kalium.

8. Buah delima

Buah delima bisa membunuh sel kanker payudara dan membantu mencegah lahirnya kanker prostat. Ciri-ciri buah delima yang sudah matang adalah seluruh permukaan kulit berwarna merah (bercak gelap), bobotnya terasa lebih berat, dan warna mahkotanya juga harus berwarna kemerahan. Anda dapat memakan buah delima secara langsung tanpa harus dijadikan jus.

9. Buah Bit

Buah bit memang masih agak jarang untuk dijumpai. Bahkan masih banyak juga orang yang sama sekali tidak menyukai buah bit, walau sudah dijus. Padahal jika anda ingin mengetahuinya, manfaat buah bit terkenal mencegah kanker serviks. Kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak menyerang perempuan, setelah kanker payudara.

10. Jamur

Jamur yang dimaksud adalah jamur yang bisa dimakan dan tidak berbahaya bagi tubuh. Mengonsumsi jamur yang kaya akan vitamin D ini, dapat mencegah anda dari bahaya kanker lambung bahkan kanker leukimia akut.

Add a Comment