Ngeri !! Serangan Corona Habisi Sektor Pariwisata di Indonesia

Serangan Corona Sektor Pariwisata

PrimaBerita – Serangan corona yang mewabah di Indonesia memberikan dampak bagi sektor Pariwisata. Mulai dari tempat wisata yang sepi pengunjung hingga bisnis hotel yang bangkrut.

Bisnis hotel yang bangkrut akan menjadikan pekerja kehilangan pekerjaannya. Namun saat ini Pemerintah dikabarkan tengah menyiapkan kebijakan. Yang dapat meringankan beban pekerja sektor pariwisata yang kehilangan sumber penghasilan akibat serangan virus corona (Covid-19).

Menurut Juru Bicara Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) dan Kemenko Marves Jodi Mahardi, pemerintah akan mencarikan lapangan pekerjaan baru kepada mereka yang sifatnya sementara, selagi menunggu sektor pariwisata pulih setelah corona mereda.

Ia juga mengatakan bahwa pemerintah telah menyiapkan program-program yang dapat memberikan lapangan pekerjaan baru selama down time di dalam swektor pariwisata.

Lanjut dia, sektor pariwisata merupakan salah satu bidang usaha yang paling terkena dampak corona. Oleh karenanya hal itu menjadi fokus perhatian pemerintah, baik pusat maupun daerah.

“Presiden (Jokowi) dilaporkan oleh Gubernur Bali bahwa kondisi occupancy rate (tingkat hunian kamar hotel) hampir sekarang mencapai 0%,” jelasnya.

Dengan kata lain pengusaha hotel yang mengandalkan sektor pariwisata nyaris tidak sepeserpun menerima pemasukan dari tamu hotel. Mereka pun akhirnya merumahkan pekerjanya.

“Jadi arahan Presiden memang kita harus segera fokus mengalihkan anggaran untuk membantu para masyarakat yang terkena dampak langsung maupun tidak langsung dari penurunan wisatawan ini,” tambahnya.

Add a Comment