Rahasia Jitu Lolos Beasiswa LPDP, Mau Coba?

Rahasia Jitu Lolos Beasiswa LPDP, Mau Coba?

PrimaBerita – Rahasia jitu supaya bisa lolos beasiswa LPDP, Mau Coba? Salah satu yang banyak diimpikan para mahasiswa setelah lulus sarjana adalah lolos beasiswa LPDP. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau yang disingkat dengan LPDP merupakan sebuah lembaga yang bekerja di bawah pengawasan kementerian keuangan, kemendikbud, serta kementerian agama sekaligus. Program ini menawarkan bentuk program beasiswa bagi yang ingin lanjut S2 dan S3, baik dalam maupun luar negeri.

Adapun lembaga ini sudah terbentuk sejak tahun 2012 silam. Visinya adalah menjadi lembaga pengelola dana terbaik dalam mempersiapkan pendidikan yang bagus bagi anak bangsa.

Penerima beasiswa LPDP setiap tahunnya memiliki batasan. Tidak semua orang bisa lolos beasiswa keren ini. Anda harus bersaing secara ketat, rasional, dan semaksimal mungkin. Jadi berbagai persiapan persyaratan harus dilakukan dan tentunya juga penuh doa. Jadi sebenarnya apa sih yang menjadi rahasia atau cara jitu agar dapat lolos beasiswa LPDP?

Rahasia Jitu Lolos Beasiswa LPDP

Berikut rahasianya.

1. Ketahui sejauh mana kemampuan anda

Ketahuilah terlebih dahulu batas kemampuan anda agar anda nantinya tidak salah memilih jurusan.

2. Libatkan diri dalam organisasi dan kegiatan-kegiatan sosial

Selama kuliah S1, usahakan untuk aktif berorganisasi dan melibatkan diri dalam kegiatan sosial sebanyak mungkin. Hal ini tentu akan menambah pengalaman anda juga. Tujuan lainnya adalah supaya anda terlatih untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Beberapa negara di Eropa dan Amerika lebih tertarik pada kandidat yang aktif dalam kegiatan kemanusiaan, misalnya mengajar anak-anak di desa terpencil, peduli kanker, gerakan lingkungan hidup yang sehat, dsb.

3. Asah kemampuan bahasa asing

Rahasia jitu lolos beasiswa LPDP yang ketiga adalah mengasah kemampuan bahasa asing, terutama bahasa negara yang akan anda tuju. Tanamkan pada diri anda bahwa anda harus mempersiapkannya sebaik mungkin. Bila dianggap masih kurang baik, boleh mengikuti les bahasa asing sebelum mendaftar beasiswa.

4. Buat timeline pendaftaran beasiswa

Jangan sampai anda kelewatan waktu untuk mendaftar beasiswa. Carilah sebanyak-banyaknya informasi mengenai informasi beasiswa universitas yang hendak anda tuju. Perkirakan kapan anda harus mengirim aplikasi, membuat esai, dan seterusnya.

5. Cari rekomendasi yang oke

Ini penting. Rekomendasi bisa dari staf pengajar tempat anda belajar dan bisa juga dari tempat bekerja. Pihak universitas yang anda incar akan menanyakan hal yang banyak tentang anda kepada si pemberi rekomendasi. Pastikan juga bahwa pihak yang merekomendasikan anda bisa dihubungi sewaktu-waktu.

6. Pastikan curriculum vitae yang menarik

Pada lembar CV, pihak kampus akan melihat kemampuan dan gambaran dari diri anda. Jadi tatalah secara terstruktur CV anda semenarik mungkin dan jangan mengisi keterangan yang tidak sebenarnya anda pernah lakukan.

7. Sertakan motivation letter

Dalam surat ini, anda bisa menceritakan alasan anda mengambil beasiswa pada jurusan dan kampus yang anda pilih. Yakinkan bahwa diri anda layak mendapat beasiswa.

8. Berlatih wawancara

Ini juga penting karena supaya anda tidak salah berbicara. Pemberi beasiswa luar negeri lebih menyukai kandidat yang memiliki visi misi yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Pasalnya, wawancara akan dilakukan setelah anda lulus seleksi administrasi. Jadi latihlah bagaimana gerak-gerik tubuh anda yang sewajarnya saat proses wawancara. Jangan kebanyakan menggoyang-goyang kaki misalnya, tenang saja. Atur tarikan nafas anda. Upayakan tekanan suara serta kalimat yang anda lontarkan jelas terdengar oleh pewawancara.

9. Jangan lupa berdoa dan meminta restu orang tua

Yang terakhir ini patut untuk dilaksanakan. Sebab bagaimanapun usaha kita, tetap Tuhanlah yang menentukan. Jangan mudah menyerah, usaha tidak akan menghianati hasil ketika dibarengi dengan doa dan restu orang tua.

Semoga artikel rahasia jitu lolos beasiswa LPDP ini bermanfaat bagi anda semua. Selamat mencoba dan bersaing!

Add a Comment