Tiga Lagu Pemanggil Setan Yang Populer di Indonesia

Lagu Pemanggil Setan Yang Populer di Indonesia

PrimaBerita – Tak hanya adegannya yang menyeramkan, lagu pengiring dari film horor pun kadang diidentik sebagai lagu pemanggil setan. Bagaimana tidak, lantunan musik dari film horor kerap membuat bulu kuduk merinding apalagi saat suasana sedang hening dan sepi.

Salah satu faktor kesuksesan dari sebuah film horor memang bisa terletak dari sisi penontonnya. Apakah penonton benar-benar teruji adrenalinnya dan memancarkan aura ketakutan bila mendengar alunan musik horor.

Oleh karena itu dikutip dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah lagu ikonis dari horor Indonesia yang identik dengan kehadiran dedemit.

Nyayian Mantra Jelangkung

Nyanyian mantra jelangkung menjadi terkenal luas lewat film berjudul Jelangkung yang ditayangkan pada 2001 silam. Film ini juga dianggap sebagai kebangkitan film horor Indonesia pada era milenium pasca orde baru. Berikut liriknya:

Jelangkung jelangsat

Si sini ada pesta

Pesta kecil-kecilan

Jelangkung jelangsat

Datang tidak diundang

Pergi tidak diantar

Kabarnya, mantra jelangkung yang cukup fenomenal ini digunakan dalam sebuah permainan tradisional untuk memanggil arwah makhluk halus.

Lingsir Wengi

Lingsir wengi merupakan sebuah syair jawa yang dipercaya mempunyai kekuatan magis memanggil roh halus ketika dinyanyikan. Dulunya syair lingsir wengi diciptakan oleh Sunan Kalijaga. Tapi lagu ini kembali populer setelah Julie Estelle menyanyikannya untuk memanggil kuntilanak dalam film Kuntilanak.

Lirik lingsir wengi yaitu:

Lingsir wengi

Sepi durung biso nendro

Kagodho mring wewayang

Kang ngreridhu ati

Boneka Abdi

Disebut sebagai salah satu lagu pemanggil setan, lagu boneka abdi diciptakan oleh Risa Saraswati. Seorang penulis novel dan musisi yang berkemampuan supranatural dimana bisa berkomunikasi dengan makhluk tak kasat mata. Oleh karena itu lagu boneka abadi dinyanyikan supaya menjadi kode jika ingin bermain bersama dengan hantu anak-anak jaman kolonial Belanda.

Berikut liriknya:

Abdi teh ayeuna gaduh hiji boneka

Teu kinten saena sareng lucuna

Ku abdi di erokan, erokna sae pisan

Cing mangga tingali boneka abdi

Film Danur yang diangkat dari kisah nyata Risa Saraswati menjadikan boneka abdi sebagai salah satu lagu pengiring horor Danur: I Can See Ghosts.

Add a Comment