BMKG Sebut Ada 20 Titik Panas Terpantau di Wilayah Sumatera Utara

titik panas di sumatera utara

PrimaBerita – Sebanyak 20 titik panas pada hari minggu, 28 juni 2020 berhasil terpantau di wilayah Sumatera Utara, yang mana ke-20 hotspot tersebut tersebar dibeberapa kabupaten kota. Hal ini terpantau setelah BMKG kembali melakukan pemantauan titik panas (hotspot).

Edison Kurniawan, Kepala Balai Besar Meterologi Klimatologi dan Geofisika wilayah I Medan melalui prakiraannya mengungkapkan bahwa kedua puluh titik panas tersebut tersebar pada 4 kabupaten di provinsi Sumatera Utara.

Baca Juga: Bercinta dengan Robot Seks Apakah Termasuk Selingkuh?

“Ada 20 titik panas di wilayah Sumatera Utara. Pemantauan dilakukan dengan menggunakan sensor MODIS (Satelit Terra, Aqua, SNPP, dan NOAA20),” tutur Edison.

Sejak hari sabtu, 27 juni 2020, sebanyak 10 titik panas tersebar di kabupaten Humbang Hasundutan. Dimana daerah ini disebut sebagai daerah yang terbanyak lokasi hotspotnya. 8 titik ada di kecamatan Tarabintang sementara 2 titik ada di kecamatan Parlilitan.

Baca Juga: Ini Hasil Rapid Test Pedagang yang Ludahi Bakso Cuanki di Kembangan

“Berikutnya, titik panas juga terpantau sebanyak 1 hotspot di kecamatan Sumbul, kabupaten Dairi. Terakhir, satu titik panas juga terpantau di kecamatan Batahan, kabupaten Mandailing Natal,” katanya.

Sedangkan untuk wilayah lainnya terdapat 8 hotspot atau titik panas di kabupaten Samosir. Dan secara keseluruhan titik panas tersebut terpantau di kecamatan Sianjur Mula-mula, Sumatera Utara (Sumut).

Untuk diketahui, secara geologi titik panas merupakan area vulkanik yang dihasilkan dari mantel yang mana secara anomali lebih panas dibandingkan dengan mantel di area sekitarnya.

Add a Comment