Satpol PP kota Medan Razia “Manusia Silver” dan Puluhan Gepeng

Satpol PP Medan Razia "Manusia Silver"

PrimaBerita – Satpol PP melakukan razia kepada para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PKMS) pada Rabu (3/6/2020) sore. Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP kota Medan itu melakukan razia terhadap “manusia silver” dan puluhan gepeng (gelandang dan pengemis).

Satpol PP razia dan mengamankan belasan “manusia silver” yang mengecat hampir seluruh tubuhnya dengan cat berwarna perak dari sejumlah titik di seputaran kota Medan.

Tak hanya itu, petugas juga turut mengamankan puluhan gelandangan dan pengemis (gepeng) yang beberapa di antaranya masih anak-anak. Mereka didapati tengah beraksi meminta sumbangan di sejumlah persimpangan lampu merah di seputaran Kota Medan.

Usai diamankan, para manusia silver dan gepeng tersebut langsung digelandang ke Dinas Sosial (Dinsos) Kota Medan untuk didata.

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Pemko Medan, Endar Sutan Lubis mengatakan total ada sekitar 37 yang diamankan. 12 diantaranya manusia silver, 25 gelandangan dan pengemis yang empat di antaranya anak-anak pada Rabu (3/6/2020) petang.

Endar menjelaskan para manusia silver tersebut merupakan anak-anak muda yang rela mengecat tubuhnya dan kemudian malah meminta sumbangan. Melihat kondisi tersebut, kemudian satpol PP yang berkoordinasi dengan Dinsos Medan melakukan razia.

Dia mengatakan meski dalam masa tanggap darurat covid-19 saat ini, pihaknya tetap melaksanakan penertiban terhadap PMKS terutama yang mencoba mencari penghasilan di jalanan sehingga menggangu ketertiban.

Ia juga mengatakan kekhawatirannya terhadap orang yang dijalanan tersebut apakah terpapar covid-19 atau tidak. Untuk itu, harus mengikuti protokok penanganan covid. Agar para petugas tidak menjadi pembawa virus.

Lebih lanjut kata Endar, ke depan pihaknya bersama Satpol PP akan kembali menggencarkan penertiban terhadap para gepeng dan manusia silver jika ditemukan tetap melakukan aksinya. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan dinas terkait agar bisa didampingi oleh tenaga kesehatan.

Add a Comment