Virus Flu Babi G4 Berpotensi Jadi Pandemi, Ini Alasannya

Flu Babi G4 Berpotensi Jadi Pandemi

PrimaBerita – Setelah virus corona, baru-baru ini peneliti China menemukan Virus flu babi G4 yang berpotensi jadi pandemi. Flu babi tipe Genotip 4 (G4) merupakan turunan dari flu babi H1N1 atau flu babi H1N1 Genotip 1 (G1).

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Proceedings of the National Academic of Science (PNAS), flu babi G4 dikabarkan telah menyebar di tengah populasi babi di China.

Berikut 7 alasan virus flu babi G4 yang berpotensi jadi pandemi

1. Telah menginfeksi populasi babi

Flu babi G4 merupakan hasil mutasi dari varian H1N1 genotip 1 yang umum pada 2011-2013 lalu. Peneliti menemukan, virus ini sudah menginfeksi populasi babi di China sejak 2014.

2. Bisa berikatan dengan reseptor yang mirip dengan manusia

Dikutip dari Forbes, dalam uji laboratorium, peneliti menemukan bahwa flu babi G4 dapat berikatan dengan reseptor SAα2,6Gal yang mirip dengan reseptor yang ada pada manusia. Reseptor itu mirip dengan reseptor yang melapisi saluran pernapasan manusia. Virus yang terikat di reseptor itu dapat menginfeksi seluruh tubuh.

3. Bisa mengikat jaringan kerongkongan manusia

Pada serangkaian percobaan, peneliti mendapati virus dapat menempel pada sel manusia bahkan pada sel yang melapisi trakea atau kerongkongan. Trakea menghubungkan banyak organ penting termasuk paru-paru. Artinya virus juga dapat menyebar ke paru-paru, organ penting untuk pernapasan.

4. Bisa menginfeksi sel epitel saluran napas

Sejumlah percobaan menunjukkan, virus flu babi G4 dapat menginfeksi sel-sel epitel yang melapisi bronkus dan alveoli. Virus dapat mereproduksi diri dengan cepat di dalam sel-sel ini.

5. Bisa menyebar melalui tetesan pernapasan atau kontak langsung

Eksperimen pada musang mendapati virus dapat menyebar melalui tetesen pernapasan atau droplet dari bersin dan batuk. Begitu pula dengan kontak langsung.

6. Tidak ampuh dengan vaksin flu

Peneliti mendapati virus ini tidak bisa diatasi dengan vaksin flu yang ada saat ini. Oleh karena itu, perlu vaksin baru untuk mencegah penyebaran flu babi G4.

7. Sudah menginfeksi manusia dan lebih menular

Pada pengumpulan sampel 2016-2018, menunjukkan sejumlah orang yang beraktivitas dekat dengan babi sudah terinfeksi virus ini. Jumlahnya lebih tinggi dibandingkan varian G1.

Meski terdapat sejumlah alasan, masih belum dapat dipastikan virus flu babi G4 benar-benar dapat berkembang menjadi pandemi seperti Covid-19 atau tidak. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan terkait flu babi G4.

Add a Comment