Begini Cara Cek NIK Valid Atau Tidak Lewat WhatsApp

Cara Cek NIK Valid Atau Tidak

PrimaBerita – Bagi penduduk Indonesia, cara cek NIK valid atau tidak bisa dilakukan lewat WhatsApp, Twitter dan Telepon. NIK atau Nomor Induk Kependudukan adalah 16 nomor unik yang bisa ditemukan dalam kartu identitas, misal KTP atau Kartu Tanda Penduduk.

Deretan NIK biasanya diperlukan saat hendak membuka rekening, bikin paspor, atau melakukan proses administratif lainnya. Karena itu, tiap orang harus mengetahui NIK miliknya masih valid atau tidak. Jika sudah tidak valid, tiap orang harus melakukan proses untuk mendapatkan NIK kembali.

Berikut cara Cek NIK apakah masih valid atau tidak :

Cara cek NIK online lewat telepon dan WhatsApp

Bagi yang ingin mencoba telepon bisa menghubungi nomor 1500537. Sedangkan bagi yang ingin mencoba WhatsApp atau SMS bisa mengirim pesan ke nomor 08118005373 dengan format:

#NIK
#Nama_Lengkap
#Nomor_Kartu_Keluarga
#Nomor_Telp
#Keluhan

Cara cek NIK online lewat Facebook atau Fb dan Twitter

Akun yang bisa dihubungi adalah Halo Dukcapil untuk Facebook dan @ccdukcapil untuk Twitter. Pelayanan NIK adalah bagian dari tugas pokok Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri.

Cara cek NIK online melalui email

Opsi berikutnya adalah cara cek NIK online melalui email di alamat callcenter.dukcapil@gmail.com. Format email harus sesuai dengan yang ditentukan pemerintah yaitu #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan. Email balasan akan memberi informasi apakah nomor NIK masih valid atau tidak.

Add a Comment