Medan Hari Ini Berusia 430 Tahun, Selamat Hari Jadi Kota Medan dan Ini Sejarahnya

Hari Jadi Kota Medan

PrimaBerita – Bertepatan dengan hari jadi Bhayangkara, hari ini tanggal 1 juli juga merupakan hari jadi kota Medan yang ke-430 tahun.

“Hari jadi kota Medan diperingati tiap tahun sejak tahun 1970 dan pada mulanya ditetapkan jatuh pada tanggal 1 april 1909. Tetapi tanggal ini mendapat bantahan yang cukup keras dari kalangan pers dan beberapa orang ahli sejarah,” demikian kutipan di situs resmi Pemerintah Kota Medan yang bersumber dari buku berjudul Medan Selayang Pandang.

Walikota Medan saat itu, Sjoerkani membentuk panitia penelitian hari jadi kota Medan lewat surat keputusan. Yang mana surat keputusan tersebut bernomor 342 tanggal 25 mei 1971. Ketua panitianya dipimpin oleh prof Mahadi dengan Syahruddin Siwan dipilih sebagai sekretaris.

Kemudian seiring berjalannya waktu, dicetuskan Surat Keputusan Walikotamadya Kepala Daerah Kodya Medan Nomor 618 tanggal 28 oktober 1971. Surat keputusan tersebut mengenai Pembentukan Panitia Penyusun Sejarah Kota Medan.

“DPRD Medan sepenuhnya mendukung kegiatan kepanitiaan ini sehingga merekapun membentuk Pansus yang diketuai MA Harahap,” tulis Pemko Medan.

Selanjutnya setelah melewati berbagai proses akhirnya muncullah usulan agar 1 juli 1590 ditetapkan sebagai hari kelahiran kota Medan. Selain itu kesepakatan tanggal ini juga diusulkan karena dinilai bertepatan dengan didirikannya perkampungan oleh seorang tokoh bernama Guru Patimpus Sembiring Pelawi atau yang lebih dikenal dengan Guru Patimpus.

“Berdasarkan sidang DPRD tanggal 10 januari 1973 ditetapkan bahwa usul tersebut dapat disempurnakan,” demikian tulisan Pemko Medan.

Sehingga walikodya Medan kemudian mengeluarkan surat keputusan nomor 74. Surat tersebut dibuat pada tanggal 14 februari 1973 dan ditujukan supaya panitia penyusun sejarah kota Medan dapat melanjutkan kerjanya demi merampungkan hasil yang lebih sempurna.

Maka berdasarkan perumusan yang dilakukan, secara resmi DPR Tk II Menetapkan bahwa hari jadi kota Medan yaitu pada 1 juli 1590. Dan mencabut hari ulang tahun kota Medan yang diperingati setiap 1 april sebagaimana yang telah diperingati pada waktu-waktu sebelumnya.

Add a Comment