Gunung Sinabung Kembali Erupsi Abu Vulcanik

gunung sinabung erupsi kembali

PrimaBerita-Gunung sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara erupsi kembali. Diketahui sisa dari abu vulkanik ( lava) yang erupsi pada tanggal (8/8/20) belum usai.

Dikagetkan kembali, dengan letusan erupsi gunung sinabung kembali mengeluarkan abu vulcanik sekitar pukul 10:20 dini hari. Dari pengamatan, pada erupsi ini, gunung sinabung memuntahkan abu vulcanik setinggi kurang lebih 5000 meter.

Angka ini, sama dengan 7.460 di atas permukaan laut. Dengan ketinggian angka ini, erupsi kali ini lebih besar 5 kali lipat dari sebelumnya.

PVMBG menyebut, erupsi gunung sinabung kembali mengeluarkan abu  berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara. Status Gunung Sinabung masih berada pada Status Level III (Siaga).

Erupsi ini terekam di seismogran dengan amplitudo maksimum 120 mm dan lebih kurang 1 jam 44. Dihimabau,  masyarakat dan wisatawan agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi.

Juga di lokasi dalam radius 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius 5 km untuk sektor selatan-timur dan 4 km di timur-utara.

Masyarakat juga di himabau, harus memakai masker juka terjadinya hujan abu disekitaran tersebut. Masyarakat yang berada dan bermukim didekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Dari erupsi ini, banyak warga sekitra atau masyarakat yang dirugikan, terutama para petani. Hasil panen pun menurun atau bisa juga disebut gagal pane. .Sementara penghasilan masyarakat adalah dari hasil tanah mereka atau pertanian mereka.

Erupsi gunung sinabung, membuat warga setempat kwatir dan cemas,mengungat keselamatan dan kesehtan mereka.

Efek darun abu vulcanik sangat berbahaya bagi kesehatan, seperti dapat membuat sesak nafas, polusi udara,bahkan samapai demam.

Sehingga masyarakat mengamankan sarana air bersih dan membersihkan atap rumah dari abu vulcanik yang lebat agar tidak roboh. Warga juga dihimbau tidak memasuki zona merah kawasan Sinabung karena masih tinggi aktivitas vukcanik gunung.

Dari pendataan, erupsi gunung sinabung ini, berdampak pada empat kecamatan, yaitu  Naman Teran, Berastagi, Simpang 4, dan, Merdeka.

Erupsi gunung sinabung kali ini merupakan yang dimasa pandemi corona ini, setelah gunung sinabung terakhir kali erupsi pada 9 Juni 2019.

 

Add a Comment