Kenali Perbedaan Gejala Kanker Paru dan Covid-19

Perbedaan Gejala Kanker Paru dan Covid-19

PrimaBerita –  Perbedaan gejala kanker paru dan Covid-19 memang sedikit sulit membedakannya. Seperti yang diketahui, kanker paru dan infeksi virus corona (Covid-19) merupakan penyakit yang sama-sama menyerang respirasi atau saluran pernapasan.

Berikut perbedaan gejala kanker paru dan Covid-19 berikut ini.

Kanker Paru

Kanker paru adalah pertumbuhan sel-sel ganas yang merusak di paru-paru.  Merokok dan asap rokok serta sejumlah faktor lainnya dapat memicu perkembangan kanker paru.

Saat kanker berkembang, gejala yang dapat muncul diantaranya, sesak, nyeri dada, dan batuk darah yang tidak kunjung sembuh dengan pengobatan biasa selama dua minggu.

Keberadaan kanker dapat dilihat melalui foto toraks atau rontgen dada dan dibuktikan melalui endoskopi dan biopsi. Dalam foto toraks, sel kanker akan terlihat seperti selubung putih pada salah satu bagian.

Sel kanker ini mesti segera diatasi agar tidak merusak dan meluas pada organ lain. Saat ini, obat untuk kanker sudah tersedia pada semua stadium. Semakin cepat dan mendapatkan pengobatan yang tepat maka bisa disembuhkan.

Covid-19

Sementara itu, Covid-19 merupakan wabah baru yang disebabkan oleh infeksi virus corona. Penularan virus corona dapat terjadi melalui kontak erat dengan orang yang sudah terinfeksi.

Virus corona masuk melalui saluran pernapasan hingga paru-paru. Studi menunjukkan virus corona juga bermanifestasi pada organ lain seperti menyebabkan pembekuan darah, kerusakan jantung, dan otak.

Gejala Covid-19 ditandai dengan demam tinggi, batuk, sesak napas, nyeri otot, diare, serta kehilangan kemampuan penciuman. Dalam foto toraks, umumnya virus corona membuat paru-paru tampak memiliki selubung putih pada hampir semua bagian, berbeda dengan kanker paru.

Saat ini, obat dan vaksin untuk Covid-19 belum ditemukan. Pasien dirawat dengan pengobatan untuk mengurangi gejala dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Sebagian besar kasus Covid-19 memiliki gejala ringan dan sedang serta dapat disembuhkan. Kasus Covid-19 dengan penyakit penyerta dapat memiliki gejala yang parah.

Gejala kanker paru
– Sesak
– Nyeri dada

-Batuk darah yang tidak sembuh dengan pengobatan biasa selama dua minggu

Gejala Covid-19
– Demam tinggi
– Batuk
– Sesak napas
– Dapat disertai dengan diare
– Hilang penciuman

Foto toraks kanker paru
– Terdapat selubung putih pada salah satu bagian paru

Foto toraks Covid-19
– Terdapat selubung putih pada hampir semua bagian paru

Faktor risiko kanker paru
– Merokok, menghirup asap rokok
– Riwayat keluarga kanker
– Polusi udara
– Pekerjaan yang berhubungan dengan karsinogenik
– Riwayat penyakit fibrosis paru

Faktor risiko Covid-19
– Bepergian ke daerah Covid-19
– Kontak dekat dengan orang yang terinfeksi Covid-19
– Berada di kerumunan
– Memiliki penyakit penyerta dan imun yang lemah

Untuk mencegah kanker paru dan Covid-19, hindari faktor risiko dan lakukan gaya hidup sehat.

 

Add a Comment