Tidak Ada Kata Terlambat, Veteran Perang Dunia II Sarjana di Usia 96 Tahun

Veteran Perang Dunia II

PrimaBerita – Giuseppe Paterno, seorang veteran Perang Dunia II dari Italia yang sudah berusia 96 tahun lulus kuliah dan meraih gelar sarjananya. Hal ini tentu membuktikan bahwa tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar, bahkan untuk memulai sesuatu.

Giuseppe menjadi orang tertua yang lulus dari salah satu universitas di Italia. Ia berhasil mendapatkan gelar sarjana di bidang sejarah dan filsafat. Selain itu kakek tua bersemangat kuliah ini juga meraih penghargaan tertinggi dari kampusnya, University of Palermo, Italia.

Melansir dari beberapa sumber, di masa kanak-kanak hingga remajanya Giuseppe hanya sempat mencicipi pendidikan dasar saja. Barulah pada usia 31 tahun dirinya lulus dari Sekolah Menengah Atas. Hal tersebut lantaran ia dibesarkan dikeluarga yang kurang mampu.

Lihat Pula: Wah! Korea Utara Ancam Hukuman Berat Bagi Warganya yang Ketahuan Nonton Film Korsel

Namun meskipun begitu Giuseppe memiliki minat membaca dan belajar yang sangat tinggi. Sehingga pada tahun 2017 lalu, ia kemudian memutuskan untuk mendaftar program sarjana.

Warganet dari belahan dunia pun akhirnya turut memberikan selamat kepada Giuseppe Paterno yang merupakan veteran Perang Dunia II. Beberapa diantaranya menyebut sosok Giuseppe sebagai sesuatu yang menginspirasi. Sementara lainnya memuji tekad Giuseppe Paterno dalam menyelesaikan pendidikan bangku kuliah.

Terlepas dari itu, beberapa waktu lalu veteran PD II itu mengakui sedikit gelisah karena harus belajar secara daring akibat mendunianya wabah virus corona (covid-19). Tetapi ia mengatakan pandemi bukanlah penghalang untuk mencapai tujuannya setelah semua yang ia lalui dengan perang dunia.

“Semua itu memperkuat kami, semua kelompok teman sebaya saya, semua orang yang masih hidup, itu tidak benar-benar membuat kami takut,” kata Giuseppe Paterno kepada Reuters.

Add a Comment