Ini 5 Bahaya Jika Terlalu Sering Mengucek Mata

PrimaBerita – Tanpa disadari, saat bangun tiudr mungkin refleks mengucek mata. Namun perlu diketahui jika terlalu seirng mengucek mata dapat menimbulkan bahaya.

Berikut bahaya yang akan timbul jika terlalu sering mengucek mata.

Infeksi mata

Salah satu alasan kenapa mengucek mata adalah kegiatan yang kurang baik adalah karena tangan yang anda gunakan untuk mengucek, mungkin saja dipenuhi dengan bakteri, kotoran dan juga parasit yang bisa menyebabkan mata infeksi.

Membran berlendir pada mata, berfungsi untuk menjaga kelembaban mata setiap saat adalah tempat yang sangat rawan terkena bakteri serta parasit sebagai tempat tinggalnya.

Saat melakukan berbagai kegiatan, seperti menyentuh barang, melakukan kontak dengan hewan atau orang lain, lalu kemudian seketika mengucek mata tanpa mencuci tangan, akan sangat banyak sekali bakteri yang akan menempel pada mata. Untuk itu, usahakan jaga kebersihan tangan sebelum bersentuhan langsung pada mata.

Rabun jauh

Rabun jauh merupakan suatu kondisi ketika seseorang mengalami gangguan saat melihat objek jarak jauh. Rabun jauh terjadi karena mata tidak dapat memfokuskan cahaya yang masuk ke retina bagian mata yang berfungsi untuk melihat.

Pada penderita gangguan rabun jauh, mengucek mata akan membuat parah penglihatan. Karena retina akan berada di bawah tekanan dan gesekan yang terus menerus yang menyebabkan semakin rusaknya retina.

Glaukoma

Glaukoma adalah kerusakan saraf mata yang mempengaruhi gangguan penglihatan dan kebutaan. Kondisi ini umum terjadi karena disebabkan oleh tingginya tekanan bola mata.

Saraf mata adalah kumpulan serat saraf yang menghubungkan retina ke otak. Saat saraf mata rusak, sinyal yang menyampaikan apa yang anda lihat ke otak akan terganggu. Secara perlahan, ini akan menyebabkan hilangnya penglihatan atau kebutaan pada mata.

Salah satu penyebab glaukoma adalah karena adanya peningkatan tekanan yang berlebih pada bola mata. Tekanan ini bisa terjadi dari kebiasaan anda mengucek mata.

Keratoconus

Keratoconus adalah penyakit atau kondisi ketika kornea mengalami penipisan dan penonjolan ke luar serta membentuk menyerupai kerucut.

Kornea adalah lapisan jernih berbentuk kubah yang melapisi bagian tengah mata. Kondisi kornea yang berubah bentuk ini akan dapat menyebabkan pandangan mata
menjadi buram serta peningkatan sensitivitas mata kepada cahaya.

Keratoconus biasanya melibatkan kedua mata dan bisa dialami pertama kali saat seseorang berusia sepuluh hingga dua puluh lima tahun.

Sebenarnya penyebab pasti terjadinya keratoconus belum diketahui. tetapi, terdapat beberapa faktor keturunan dan sering mengusap mata dengan kencang dapat memicu terjadinya keratoconus.

Mata Bintitan

Mata bintitan adalah gejala Infeksi pada kelenjar kelopak mata yang akan menyebabkan timbulnya benjolan kecil baik pada kelopak mata atas maupun bawah.

Benjolan ini umumnya menyebabkan terasa nyeri, berwarna merah, dan terasa gatal. Jika dibiarkan terlalu lama benjolan ini dapat mengeluarkan nanah.

Sebenarnya bintitan tidak selalu disebabkan oleh infeksi bakteri. Pada kondisi tertentu, mata bintitan dapat disebabkan oleh adanya sumbatan pada kelenjar kelopak mata.

Sumbatan tersebut menyebabkan isi kelenjar menumpuk dan memicu terjadinya reaksi inflamasi pada kelopak mata yang akhirnya menyebabkan benjolan.

Add a Comment